Bahaya! Jangan Terlalu Lama Berbaring, Bisa Menyebabkan Dekubitus

Bagi masyarakat umum mungkin masih belum mengenal istilah Dekubitus namun kita kerap kali melihat orang sakit yang terkena dekubitus. Dekubitus adalah suatu luka borok kulit yang terjadi karena posisi berbaring yang terlalu lama sehingga peredaran darah di dalam kulit terganggu oleh tekanan yang terus menerus terutama di atas jaringan bertulang sehingga terjadi kematian jaringan. Luka seperti ini biasanya menyerang orang lansia, orang yang sangat kurus, kegemukan, orang yang tidak dapat bergerak dan orang yang lemah. Luka seperti ini tidak hanya sering di temukan di rumah sakit namun luka seperti ini bisa di temukan di rumah pada orang mengalami hal yang di sebutkan di atas.

Apabila ada sanak saudara yang mengalami tirah baring atau kemungkinan untuk terkena dekubitus yang disebutkan di atas anda tidak perlu khawatir karna bukan hanya perawat saja yang bisa membantu mencegah pasien terkena dekubitus namun untuk sanak saudara kita sendiripun bisa untuk membantu mencegahnya. Sebelum saya membahas cara pencegahan dekubitus atau luka borok tersebut sebaiknya kita mengetahui apa saja tanda gejala dan bagian mana saja yang sering terkena luka dekubitus.

Dekubitus atau luka borok biasanya menyerang daerah jaringan bertulang seperti Siku, Tumit, Tulang Punggung, Bahu, Pinggul, Mata kaki, Telinga, dan Bokong. Ada pun Tanda dan gejala dekubitus atau luka borok yaitu:
Terjadi kemerahan yang tidak menghilang apabila di tekan ibu jari
Bau tidak sedap di daerah yang terkena luka
Borok atau bisul pada daerah kulit
Perubahan tempratur kulit (lebih dingin atau lebih hangat dari sebelumnya)
Perubahan sensasi kulit yang dirasakan seperti gatal atau nyeri
Pada orang yang berkulit putih luka kelihatan kemerahan sedangkan orang yang berkulit gelap kulit kelihatan kemerahan yang menetap biasanya berwarna biru atau ungu.
Luka kelihatan melepuh atau membentuk lubang yang dangkal, luka terlihat seperti lubang yang dalam.
Dekubitus lebih mudah di cegah dari pada di obati, berikut cara pencegahannya:

  1. Merubah posisi sanak saudara yang terkena tirah baring sedikitnya 2 jam sekali dengan cara membantu tubuh orang tersebut menghadap kiri ataupun kanan.
  2. Membantu sanak saudara yang kemungkinan terkena dekubitus untuk duduk di korsi ataupun tempat tidur untuk menegakkan badan mereka setiap 10 menit agar mengurangi tekanan yang terjadi di daerah yang mungkin terkena dekubitus.
  3. Memberikan minum dan makanan yang cocok atau sesuai sehingga cairan dan nutrisi terpenuhi dengan baik karena kerusakan kulit lebih mudah terjadi dan lambat untuk sembuh jika nutrisinya buruk.
  4. Segera membersihkan feses (kotoran setelah buang air besar) atau urin (pipis) dari kulit karena bersifat iritasi terhadap kulit.
  5. Jaga agar kulit tetap kering terutama di daerah yang rawan terjadi luka dekubitus
  6. Jaga agar seprai yang di gunakan tetap kerit dan bebas dari kerutan 
  7. Beri perhatian khusus pada daerah yang rawan terkena luka dekubitus
  8. Pijat sesering mungkin dengan menggunakan lotion atau handbody pada daerah sekitar kemerahan
  9. Jangan menggunakan lotion pada kulit yang telah rusak
  10. Beri sedikit bedak tabur pada area pergesekan tapi jangan biarkan menumpuk atau menggumpal
  11. Gunakan pengalas jika memindahkan sanak saudara yang terkena tirah baring 
  12. Bantu sanak saudara untuk menggerakan anggota tubuhnya minimal 2 kali sehari untuk menghindari kekakuan 
  13. Gunakan kasur busa untuk tidur guna memperkecil terjadinya luka dekubitus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya! Jangan Terlalu Lama Berbaring, Bisa Menyebabkan Dekubitus"

Post a Comment