Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan

Keputihan seringkali menghampiri wanita tanpa memperdulikan batasan usia dan kerap kali hal tersebut sangat mengganggu terutama dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Sebagian besar wanita yang terkena keputihan adalah wanita yang sedang hamil dan wanita yang akan mengalami menstruasi. Namun keputihan sendiri ada yang bersifat normal maupun abnormal. Keputihan adalah keluarnya cairan yang berlebihan dari organ kewanitaannya atau yang biasa di sebut Miss V. keputihan adalah suatu penyakit yang ringan atau tidak terlalu berbahaya namun bila di diamkan begitu saja akan sangat berbahaya bagi kesehatan organ kewanitaan dan dapat memicu terjadinya penyakit kista ovarium dan penyakit kanker rahim atau serviks. Ciri ciri keputihan yang abnormal seperti menimbulkan gatal di daerah kewanitaan,merah pada daerah vagina, berbau tidak sedap, cairan yang dikeluarkan bewarna dan banyak.

Tentunya keputihan terjadi karena ada penyebab yang mendasari. Berikut adalah beberapa penyebab yang biasa terjadi dan menimbulkan keputihan pada wanita :

Celana Dalam yang Basah
kerap kali ketika buang air kecil atau buang air besar kita mendapati celana dalam yang basah karna tidak di keringkan sewaktu selesai membasuh daerah kewanitaan. Hal ini adalah salah satu penyebab timbulnya keputihan karena nantinya bisa melembabkan daerah vagina. Vagina yang lembab akan memicu tumbuhnya bakteri dan jamur sehingga bisa menimbulkan keputihan.

Salah menggunakan Pembalut
Disaat sedang menstruasi maka wanita biasanya menggunakan pembalut, pembalut adalah salah satu cara sederhana yang biasanya sering digunakan oleh wanita yang mengalami menstruasi supaya bisa menyerap darah agar tidak kemana-mana. Pemilihan pembalut yang salah  justru bisa memicu timbulnya keputihan sebaiknya pilih pembalut yang menggunakan bantalan berkualitasdan mengandung herbal di dalamnya, dan yang terpenting adalah gantilah pembalut sesering mungkin karna dapat mengundang bakteri di dalamnya.

Cara Membersihkan Vagina yang Salah
Hal ini akan menyebarkan kuman kemana-mana sebaiknya bersihkan dengan cara yang teratur bersihkan dari arah depan kebelakang dari arah vulva ke anus. Tujuannya adalah agar menghindari kuman yang menempel di anus dan juga vagina.

Datangnya Menstruasi
Perubahan hormon yang dialami sehingga bila akan datangnya keputihan sering kali terjadi keputihan pada daerah kewanitaan.

Setress
Dapat menimbulkan keputihan karena otak adalah ujung syaraf yang peka terhadap rangsangan yang diberikan oleh kelima panca indra. Jika terjadi gangguan pada otak semisal setress maka akan terjadi perubahan dan ketidak seimbangan hormon-hormon dalam tubuh yang mana memicu terjadinya keputihan.

Penggunan Obat-obatan seperti Pil KB
Penggunanaan obat antibiotik yang terlalu lama dapat mempengaruhi keseimbangan hormonal sehingga terganggu dan menimbulkan keputihan.
Salah memakai sabun karena vagina adalah organ intim yang sangat sensitif sekali jika ingin membasuhkan dengan menggunakan sabun pada area tersebut harus diamkan dengan tingkat kadar ph keasaman yang normal.

Kurangnya Asupan Sayur dan Buah
Seperti yang kita ketahui asupan sayur dan buah sangat penting sekali untuk kesehatan tubuh kita. Maka dari itu untuk mencegah keputihan dibutuhkan asupan makanan yang bergizi dalam tubuh.

Bukan hanya dari segi kebiasaan dan cara hidup yang bisa menyebabkan keputihan namun dari segi makananpun dapat menimbulkan keputihan seperti mengkonsumsi makan ini:

Berlebihan Mengkonsumsi Buah Nanas
Karena dengan tingginya kandungan vitamin C di dalam buah nanas justru bisa menimbulkan lendir yang berlebihan di daerah organ kewanitaan sehingga organ kewanitaan menjadi lembab dan bisa memicu timbulnya bakteri.

Gorengan
Ternyata mengkonsumsi gorengan bisa menimbulkan keputihan yang abnormal hal ini di karenakan kualitas tepung yang di goreng rata-rata memiliki kualitas yang rendah dengan karbohidrat tinggi, sehingga kondisi yang panas bisa memicu keluarnya lendir yang berlebihan di daerah kewanitaan sehingga bisa menimbulkan keputihan terlebih wanita yang sedang hamil.

Mentimun
Hal ini bisa menyebabkan keputihan karena mentimun adalah salah satu makanan yang dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil, kenapa demikian? karena dengan mengkonsumsi mentimun yang berlebihan akan meningkatkan peroduksi hormon estrogen hingga naiknya volume lendir sehingga bisa menimbulkan keputihan terutama bagi wanita yang sedang hamil.

Keju
Mengkonsumsi keju ternyata dapat menimbulkan keputihan karena keju adalah salah satu makanan fermentasi, kebanyakan makanan yang di fermentasi bisa menimbulkan efek keputihan terlebih jika seorang wanita yang mengkonsumsi meskipun keju sendiri mengandung kalsium yang tinggi sehingga baik untuk tulang namun perlu makanan yang satu ini perlu untuk dihindari.

Apabila keputihan sudah terlanjur menghampiri daerah kewanitaan kita anda tidak perlu khawatir, lakukan cara-cara berikut ini untuk mengatasinya :

Basuh dengan air daun sirih karena seperti yang kita ketahui daun sirih mengandung kavinol yang mempunyai kegunaan untuk mematikan kuman, selain itu memiliki kandungan antioksidan dan anti jamur di dalamnya maka kita tidak heran kalau daun yang gampang ditemukan ini ternyata bisa mengatasi keputihan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengambil 10 lembar daun sirih kemudian rebus menggunakan panci yang berisi 2 liter air di dalamnya hingga mendidih, kemudian dinginkan setelah itu basuh daerah kewanitaan dengan air rebusan daun sirih.

Mengkonsumsi bawang putih karena bawang putih ternyata mengandung sifat anti bakteri, anti jamur dan anti virus yang bisa memungkinkan mereka dalam membantu menghambat perkembangan bakteri, jamur dan virus. Menurut beberapa penelitian yang pernah saya baca bahwa bawang putih memiliki kekuatan anti bakteri sehingga kita tidak heran kenapa bawang putih tersebut bisa mengatasi keputihan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan"

Post a Comment