Hamil? Penuhi Asupan Gizi dengan Makanan ini

Kehamilan adalah suatu kejadian yang hampir selalu ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan yang telah menikah. Saat ini pun ibu pada umumnya sudah mengerti bagaimana seharusnya ia lebih menjaga kondisi tubuh demi untuk kelancaran kehamilan dan perkembangan janin dalam kandungan. Jika sebelumnya ia makan hanya untuk dirinya sendiri, kini ia harus mencukupi kebutuhan gizinya untuk janinnya pula.

Beberapa kebutuhan gizi ibu hamil dapat ditutupi oleh makanan sehat yang seimbang seperti :

Makanan yang berprotein seperti daging, ikan, telur, susu, keju, dan hasil laut merupakan sumber protein. Selain itu protein juga bisa di dapat dari tumbuh-tumbuhan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, tempe, tahu, oncom, dan lainnya hal ini dikarenakan protein diperlukan untuk pertumbuhan jaringan pada janin.

Makanan yang mengandung folat seperti sayuran berwarna hijau (bayam, asparagus), jus jeruk, buncis, kacang-kacangan dan roti gandum merupakan sumber alami yang mengandung folat. Folat juga bisa didapatkan dari suplementasi asam folat. Perlu anda ketahui folat sangat penting bagi ibu hamil di karenakan folat merupakan vitamin B yang memegang peranan penting dalam perkembangan embrio.  Folat juga membantu mencegah cacat pada otak dan tulang belakang janin. Kekurangan folat juga dapat meningkatkan kehamilan kurang umur (prematur), bayi dengan berat badan lahir rendah (bayi berat lahir rendah/BBLR), dan pertumbuhan janin yang kurang.

Makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah, ikan, unggas, sereal sarapan yang telah difortifikasi zat besi, dan kacang-kacangan. Zat besi sangat diperlukan oleh wanita hamil hal ini di karenakan jika kebutuhan zat besi tidak tercukupi, ibu hamil akan mudah lelah dan rentan terkena infeksi. Risiko melahirkan bayi tidak cukup umur dan bayi dengan berat badan lahir rendah juga bisa terjadi.

Makanan yang mengandung zat seng (Zinc) seperti pada daging merah, gandum utuh, kacang-kacangan, polong-polongan, dan beberapa sereal sarapan yang telah difortifikasi. Dari beberapa studi dilaporkan bahwa ibu hamil yang memiliki kadar zar seng rendah dalam makanannya berisiko melahirkan prematur dan melahirkan bayi dengan berat lahir rendah.

Makanan yang mengandung kalsium seperti susu, keju, yogurt. Ibu hamil dan bayi membutuhkan kalsium untuk menguatkan tulang dan gigi. Selain itu kalsium juga diperlukan untuk mengantarkan sinyal saraf, kontraksi otot, dan sekresi hormon. Jika kebutuhan kalsium tidak tercukupi dari makanan, kalsium yang dibutuhkan bayi akan diambil dari tulang ibu.

Makanan yang mengandung vitamin C seperti tomat, jeruk, strawberry, jambu biji, dan brokoli. Makanan yang kaya vitamin C juga membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Makanan yang mengandung vitamin A seperti buah-buahan dan sayuran berwarna hijau atau kuning, mentega, susu, kuning telur, dan lainnya. Vitamin A memegang peranan penting dalam fungsi tubuh, termasuk fungsi penglihatan, imunitas, serta pertumbuhan dan perkembangan embrio. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan kelahiran prematur dan bayi berat lahir rendah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hamil? Penuhi Asupan Gizi dengan Makanan ini"

Post a Comment