Cara Mengatasi dan Mencegah Sakit Maag (Gastritis)

Pada era yang semakin berkembang saat ini, siapa sih yang tidak tahu apa itu gastritis atau yang biasa disebut dengan maag. Seperti yang kita ketahui gastritis adalah peradangan yang terjadi pada lambung akibat meningkatnya asam lambung sehingga mengiritasi dinding lambung. Gastritis terbagi menjadi dua yaitu gastritis akut dan gastritis kronik dimana ciri-ciri dari gastritis akut adalah nyeri pada daerah ulu hati, mual, kembung, muntah dan kadang terjadi muntah darah. Sedangkan ciri-ciri dari gastritis kronik adalah kebanyakan tidak mempunyai keluhan hanya sekedar nyeri ulu hati, tidak ada nafsu makan dan mual. Tentunya gastritis tersebut sangat mengganggu keseharian dalam beraktifitas apa lagi bagi orang yang memiliki aktifitas yang sangat padat.

Sebelum kita membahas mengenai cara pencegahan dari penyakit gastritis tersebut ada baiknya kita mengetahui penyebab yang bisa menimbulkan penyakit gastritis. Ada beberapa hal yang menyebabkan penyakit gastritis itu terjadi ialah stress, mengkonsumsi alcohol, merokok, terlambat makan, mengkonsumsi obat-obatan (terutama obat-obat analgetik-anti inflamasi seperti : aspirin (antalgin, postan dll), salicylat, indometahacin, sulfonamide, steroid), infeksi bakteri atau virus yang mengeluarkan endotoksin.

Cara pencegahan gastritis sangat mudah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari hari. Berikut beberapa makanan yang harus di hindari agar tidak menimbulkan penyakit gastritis atau yang biasa disebut dengan maag :

Hindari makanan yang banyak mengandung gas, seperti lemak, kol, sawi, nangka, kedondong, buah yg dikeringkan dan minuman bersoda

Hindari makanan yg merangsang keluarnya asam lambung seperti kopi, minuman beralkohol, anggur putih dan sari buah sitrus.

Hindari makanan yg sulit dicerna yang membuat lambung lambat kosong misal makanan berlemak, kue tart, keju.

Hindari makanan yg merusak dinding lambung : seperti cuka, pedas, merica dan bumbu yg merangsang.

Hindari beberapa sumber karbohidrat : seperti beras ketan, mie, bihun, jagung, singkong, tales, serta dodol.

Jika gastritis atau maag sudah terlanjur menghampiri tindakan yang dapat kita lakukan adalah segera makan jika timbul keluhan, minum teh manis hangat sebelum makan jika terasa mual, makan makanan yang agak lunak seperti bubur, makan dengan porsi kecil tapi sering, berikan kompres air hangat di daerah uluhati apabila timbul rasa nyeri, minum susu untuk menetralkan asam lambung, jika tidak terlalu parah dapat meminum obat antasida.
Demikian beberapa ulasan yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi dan Mencegah Sakit Maag (Gastritis)"

Post a Comment