Bagaimana Cara Mencegah Katarak? Lakukan 3 Hal Ini


Pada zaman moderen seperti sekarang semua bisa diakses dimana saja, siapa sih yang tidak tahu apa itu penyakit katarak terutama yang sering menyerang pada usia lanjut. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh yang menurun seiring bertambanhnya usia. Penyakit yang tidak mematikan namun sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Katarak adalah suatu keadaan dimana lensa mata yang biasanya jernih menjadi keruh hal ini apabila dibiarkan begitu saja akan berakibat kebutaan.

Sebelum kita membahas mengenai cara pencegahan penyakit katarak ada baiknya kita terlebih dahulu mengenal tanda dan gejala yang dirasakan :
1.    Perubahan yang terjadi pada mata yaitu warna manik mata berubah atau menjadi putih.
2.    Pengelihatan kabur dan berkabut, merasa silau bila melihat sinar matahari, penglihatan menjadi ganda, seperti ada titik gelap di depan mata dan penglihatan di malam hari menjadi berkurang. Untuk lebih jelasnya dapat memastikan dengan cara berkunjung ke dokter spesialis mata.

Untuk menghindari atau mencegah katarak, sebaiknnya Anda harus melakukan hal ini:

Jauhi Rokok
hal itu didasari oleh kandungan kimia yang terkandung di dalam rokok itu sendiri. Kandungannya antara lain adalah timbal, kadmium, kromium dan hidrogen sianida. Timbal sendiri dikenal sebagai bahan untuk membuat korek api. Sedangkan kadmium adalah bahan yang digunakan untuk aki mobil. Bahan-bahan kimia inilah yang dapat menjadi pemicu kekeruhan pada mata.

Jauhi Sinar Ultraviolet
hal ini dikarenakan radiasi yang ditimbulkan oleh sinar ultraviolet dapat merusak saraf pusat penglihatan dan makula yaitu bagian dari retina yang terletak dibagian belakang mata. Ultraviolet juga dapat merusak bagian kornea dan lensa mata. Kebanyakan orang yang menderita katarak adalah orang yang sangat peka akan cahaya terutama sinar matahari. Untuk menghindari hal tersebut, dapat dilakukan pencegahan dengan menggunakan kacamata hitam dan menggunakan topi untuk menghindari kontak dengan matahari secara langsung.

Perbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan
Seiring dengan bertambah usia, usia lensa mulai berkurang kebeningannya, keadaan ini akan berkambang dengan bertambah beratnya katarak maka dari itu disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, C dan E. Misalnya seperti bayam, sayuran ini paling banyak mengandung protein dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya dan juga mengandung lutein. Sama halnya dengan alpukat, buah jenis ini lebih banyak mengandung nutrisi dan luetin yang penting untuk pencegahan degenerasi katarak. Selain itu, dapat juga wortel, brokoli, blueberry, anggur, apel, dan pepaya dijadikan pilihan untuk dikonsumsi. Makanan berjenis ini, mengandung anti oksidan yakni zat-zat yang mencegah kerusakan akibat terjadi oksidasi dalam tubuh. Secara otomatis dengan memperbanyak jenis makanan tadi, proses penuaan akan tetap berjalan namun organ tubuh masih dapat berfungsi dengan baik.

Demikian ulasan yang dapat saya uraikan, semoga kita selalu diberikan nikmat keindahan memandang oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Mencegah Katarak? Lakukan 3 Hal Ini"

Post a Comment