3 Langkah Deteksi Dini Kanker Payudara

Payudara adalah alat vital dan kebanggaan dari setiap wanita. Payudara juga merupakan salah satu organ penting yang menjadi simbol kecantikan dan lengkapnya fungsi seorang wanita.  Oleh karena itu harus diperhatikan dan dirawat dengan baik, terutama mencegah terkenanya kanker payudara. Kanker payudara adalah suatu penyakit dimana terjadi pertumbuhan berlebihan atau perkembangan tidak terkontrol dari sel-sel atau jaringan payudara.

Wanita harus lebih peka dan mulai memerhatikan organ payudara secara khusus. Semakin dini kita mengetahui masalah yang terjadi pada payudara maka semakin awal deteksi kanker payudara dapat dilakukan. Hasilnya, pengobatan dapat segera dilakukan pada stadium awal sehingga kemungkinan sembuh dan kemampuan bertahan jauh lebih besar.  Waktu terbaik untuk memeriksa payudara sendiri ketika payudara tidaklah begitu lunak atau membengkak, dianjurkan setelah haid. Lalu bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah yang harus dilalui.

PERTAMA mulailah dengan mengamati payudara dicermin dengan bahu lurus dan lengan dipinggang. Dalam pemeriksaan ini yang harus diamati adalah bentuk payudara, ukuran, dan warna. Rata-rata payudara berubah tanpa kita sadari, perubahan yang perlu diwaspadai adalah jika payudara berkerut, cekung ke dalam, atau menonjol ke depan karena ada benjolan. Putting yang berubah posisi dimana seharusnya menonjol keluar, malahan tertarik kedalam, dengan warna memerah, kasar, dan terasa sakit.

KEDUA angkat kedua lengan untuk melihat apakah ada kelainan pada kedua payudara. Kembali amati perubahan yang terjadi pada payudara anda, seperti perubahan warna, tarikan, tonjolan, kerutan, perubahan bentuk putting atau permukaan kulit menjadi kasar.

KETIGA sementara masih didepan cermin, tekan puting apakah ada cairan yang keluar (bisa berupa cairan putih seperti susu, kuning atau darah). Kemudian, berbaringlah dengan tangan kanan dibawah kepala. Tepat dibawah bahu, letakkan sebuah bantal kecil utuk mengganjal. Raba payudara kanan dengan tangan kiri untuk merasakan perubahan yang ada di payudara sebelah kanan, dan lakukan sebaliknya. Tekan secara halus dengan jari-jari secara datar dan serentak. Apakah ada tonjolan atau tidak?.

Apabila terjadi gejala-gejala diatas, segera konsultasikan dengan dokter guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Langkah Deteksi Dini Kanker Payudara"

Post a Comment